pesan pembuka dan penutup

Sabtu, 14 September 2019

Mari Analisis Film Lawas (The Machinist) Melalui Sudut Pandang Psikologi Part 2




Obssesive Compulsive Disorder

Obssesive Compulsive Disorder (OCD) merupakan gangguan psikologis yang menyebabkan seseorang memiliki pikiran obsesif dan perilaku yang bersifat kompulsif. OCD ialah gangguan yang bersifat jangka panjang. Gangguan ini ditandai dengan pikiran dan ketakutan yang tidak masuk akal (obsesi) yang dapat menyebabkan perilaku berulang-ulang (kompulsi). Pada umumnya, penderita OCD terpuruk dalam pikiran dan perilaku tertentu. 

Trevor Reznik: I'm not in that photo
Stevie: Trevor, I'm looking at a picture of you, standing next to a fat guy with glasses holding a fish



Terdapat 4 tahap seseorang dalam konidsi OCD, yakni sebagai berikut:
   1.     Obsesi
   2.    Kecemasan
   3.    Kompulsi
   4.   Kelegaan sementara


Gejala Obssesive Compulsive Disorder pada Victor Reznik:
   a.   Takut terkontaminasi atau kotor
   b.    Mencuci tangan berkali-kali
   c.    Selalu bersih-bersih


Selain itu, Reznik juga terlihat agak perfeksionis dan teratur dalam menjalani hari-harinya, seperti selalu menempelkan memo sebagai pengingat di pintu kulkas. Lalu ia juga selalu menulis angka berat badannya di kertas memo dan ditempel di dinding secara berurutan.


Perlu diingat bahwa OCD berbeda jauh dengan sifat perfeksionis. Jika perfeksionis merujuk pada seseorang yang selalu menjaga kebersihan dan kerapian yang berlebihan, OCD lebih merujuk pada tindakan yang dilakukan secara repetitive disertai gangguan kecemasan yang secara berlebihan. Factor pemicu OCD yang dialami oleh Viktor Reznik dapat terbaca pada pertengahan film yakni traumatic atau kejadian penting dalam hidup.


Tidak ada komentar: