pesan pembuka dan penutup

Rabu, 18 September 2019

Mari Analisis Film Lawas (The Machinist) Melalui Sudut Pandang Psikologi Part 3


Trevor Reznik: Right now I wanna sleep. I just want to sleep.
Marie: Trevor, is someone chasing you?
Trevor Reznik: Not yet. But they will when they find out who I am.
Trevor Reznik: A little guilt goes a long way.
Trevor Reznik: Now it all makes sense. I'm fucking you so he's fucking me!



Gangguan yang muncul akibat tidak tidur malam


  a.   Penampilan kulit yang buruk
Tubuh Reznik kurus-kering dan kulitnya agak keriput, tidak segar.

  b.    Ingatan yang buruk
Reznik selalu tampak kesulitan mengingat sesuatu. Bahkan ia selalu menulis memo dan menempelkannya di dinding sebagai pengingat. Walaupun pada akhirnya memo itu menjadi salah satu penyebab hadirnya kebingungan Reznik sendiri.

  c.    Gangguan fungsi mental (Mudah marah atau emosi tidak stabil)
Semenjak Reznik mulai mengalami gangguan, ia cenderung meledak-ledak dan tidak mampu mengendalikan kemarahannya pada teman-temannya.

  d.   Halusinasi
Tak lama setelah ia menyatakan tidak pernah tidur selama satu tahun, ia mengalami kejadian-kejadian yang janggal. Seperti hadirnya seorang pekerja di tempat kerja yang sama dengannya. Namun ternyata atasannya mengatakan bahwa tidak ada pekerja yang dimaksud oleh Reznik. Begitu pula dengan sosok wanita yang berprofesi sebagai pelayan dan anak laki-lakinya. Pada akhir cerita, dapat diketahui bahwa ternyata awal sebelum Reznik melarikan diri dan membuka lembaran baru, ia tidak sengaja menabrak seorang anak laki-laki. Pada saat yang bersamaan, Reznik melihat ibu dari anak laki-laki itu langsung menghampiri anaknya. Salah atu kejadian itu yang pada akhirnya memicu timbulnya gangguan-gangguan tersebut.

Jadi seorang pria misterius yang berjaket hitam ialah merupakan manifestasi dirinya sendiri dan ibu dan anak itu merupakan dua orang yang berasal dari rasa bersalah Reznik karena sudah menabrak anak tersebut, serta wanita dari anak laki-laki itu sebagai gambaran dari ibu Reznik yang begitu penyayang padanya semasa beliau hidup.
e.    Gangguan tidur berat

Tidak ada komentar: